19 Comment
Gulai Ayam - Hidangan tradisional berbahan dasar ayam yang berkuah dan menggunakan santan yaitu salah satunya adalah Resep Gulai Ayam. makanan yang berasal dari sumatera barat ini termasuk ciri khas makanan kari asli Indonesia yang memiliki beberapa varian yang cukup populer.

Kepopuleran sajian Resep Gulai Ayam sangat diminati bagi para pecinta kuliner nusantara. sehingga banyak sekali aneka resep yang diracik menggunakan bahan dan bumbu serta bahan pelengkap yang terdapat didalamnya.

Bagi anda yang masih penasaran dengan masakan Gulai Ayam, bisa langsung anda coba aneka resep gulai ayam di bawah ini dengan cara yang mudah dan enak sehingga begitu menggiurkan untuk disantap.

Resep Gulai Ayam

Resep Gulai Ayam Padang

Gulai Ayam Padang
Gulai Ayam Padang

Masakan yang berkuah dengan santan yang sedikit lebih kental ditambah dengan cita rasa yang pedas merupakan ciri khas dari masakan padang. salah satunya ayam gulai padang yang satu ini.

Yuk coba memasak gulai ayam padang dengan resep berikut ini, anda juga bisa menakar rasa pedasnya sesuai dengan porsi anda dan keluarga:

By: ig@iis_almoktafi
Bahan-bahan:
  • 1 kg ayam, potong sesuai selera
  • 750 ml santan sedang dari 1 butir kelapa
  • 1 sdm asam
  • 2 sdm gula merah
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk (me. organik)
Bumbu halus:
*sangrai sebelum dihaluskan kecuali cabe
  • 12 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih kating
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • 1/2 sdt jinten
  • 1 ruas jahe
  • 7 buah cabe merah besar buang bijinya (jika anda suka pedas tambahkan cabe rawit extra)
Bumbu pelengkap:
  • 4 cm kayu manis
  • 4 butir cengkeh
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 batang serai, geprek
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu
Cara membuat gulai ayam padang:
  1. Tumis semua bumbu halus dan bumbu pelengkap sampai harum.
  2. Masukan santan aduk rata dan masak sampai santan mendidih.
  3. Kemudian masukan ayam, gula dan asam masak sampai benar-benar daging matang, tambahkan garam dan kaldu bubuk, tes rasa.
  4. Angkat dan siap disajikan.

Resep Gulai Ayam Kampung

Gulai Ayam Kampung
Gulai Ayam Kampung

Selain gulai ayam padang, ada varian lain dari masakan gulai ayam, yaitu gulai ayam kampung. masakan berkuah ini hampir sama dengan gulai ayam padang, tetapi bumbu yang digunakan tentu berbeda dengan cita rasa yang berbeda pula.

Berikut resep gulai ayam kampung yang bisa anda coba:

By: ig@susie.agung
Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam kampung, potong-potong sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit
  • 700 ml santan encer
  • 200 ml santan kental
  • garam dan gula secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis bumbu
Bumbu halus:
  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 4 cm lengkuas muda
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 3 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt merica butiran
  • 2 cabe merah besar
  • 10 cabe merah keriting
Cara membuat ayam gulai kampung:
  1. Lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci sampai bersih dan tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan serai, aduk sampai bumbu matang.
  3. Masukkan ayam aduk rata, masak sampai berubah warna, bumbui garam dan gula.
  4. Tuangi santan encer, masak dengan api sedang sampai daging ayam empuk, boleh tambah air bila ayam belum empuk.
  5. Setelah kuah menyusut dan daging ayam empuk, masukkan santan kental, masak sambil terus diaduk sampai santan mendidih dan bumbu meresap.
  6. Koreksi rasa, bila sudah pas matikan api.
  7. Angkat dan sajikan.

Resep Gulai Ayam Spesial

Gulai Ayam Spesial
Gulai Ayam Spesial

Gulai ayam spesial ini terletak di bahan dan takaran bumbu yang tepat sehingga rasa dari nikmatnya gulai ini menjadi begitu lebih spesial. tidak kalah rasanya dengan aneka gulai ayam yang lainnya.

Bagi yang penasaran dengan rasanya, yuk simak resepnya dibawah ini:

By: ig@medaarsad
Bahan-bahan:
  • 1 ekor ayam
  • 2 sdm air asam jawa
  • minyak goreng secukupnya
  • garam, gula, lada secukupnya
  • 300 ml santan kental
  • 400 ml santan encer
Bahan pelengkap:
  • 3 ruas jahe, geprek
  • 3 ruas lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun kunyit
  • 1/2 buah bawang bombay, iris
  • 5 butir kapulaga
  • 2 batang serai, geprek
  • 1/2 butir pala
Bumbu halus:
  • 12 buah bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 10 cabe merah keriting
  • 5 cabe rawit  merah
  • 1 buah tomat
Cara membuat gulai ayam spesial:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bahan pelengkap hingga harum dan matang.
  2. Masukkan ayam, garam, gula aduk rata hingga berubah warna.
  3. Tambahkan santan encer, kecilkan api biarkan mendidih.
  4. Tambahkan santan kental, masak hingga matang berikan air asam jawa, koreksi rasa.
  5. Setelah matang matikan api dan siap disajikan.
Selamat mencoba dengan pilihan berbagai macam jenis resep gulai ayam diatas yang pasti enak dan sedap banget. happy cooking:) Baca juga: Aneka resep ayam

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Manteb nih, bikin ngiler hehehe... Bisa dicoba di rumah ntar~

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba, jangan lupa juga pakai nasi hangat biar porsinya nambah hehehe

      Hapus
    2. Mendekati puasa, gulai ayam semakin ramai.

      Hapus
  2. widih, enaknya sampe kebangeten, itu berarti enak di atasnya enak yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cheer Dicoba ya gan karena diatasnya enak masih ada nikmat =p~

      Hapus
  3. Bisa disave nih resepnya buat menu ramadhan yang sebentar lagi tiba. 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. :)Silahkan mba sapti, jangan lupa share juga resepnya kekerabat yah, (o)semoga bisa menjadi salah satu referensi resep masakan untuk buka dan sahur bersama keluarga di rumah ya,,, salam buat keluarga x-)

      Hapus
  4. enaknyaa makanannya kang,, saya pecinta gulai.. tapi gasukabanyak2 takut kolesterol kang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. (h)Sesuai dengan porsi juga ya mba Ratu =p~ jangan kelewatan, nanti puter baliknya jauh :d

      Hapus
  5. Saya lebih suka resep gulai ayam kampung saja. Dan saya pernah dibuatkan ibu saya gulai ayam kampung ini. Rasanya nikmat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang nikmat sekali gulai ayam kampung mas (o) ,itu juga salah satu favorit saya, =p~ apalagi buatan ibu x-) memang tidak ada duanya mas hehehehe (f)

      Hapus
  6. Boleh juga nih gulai ayamnya dicoba bikin di rumah, soalnya emang saya lebih suka masak sendiri daripada makan di luar. Biar hemat #ibuteladan

    BalasHapus
    Balasan
    1. :)Selamat mencoba resepnya moms Dewi, (o) semoga keluarga di rumah suka yah =p~#ibu teladan (h)

      Hapus
  7. gulai ayam apapun jenisnya, saya suka asal jangan pedas aja pokoknya,, wkwkw.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. :pSesuaikan dengan pedasnya yah mas :>)

      Hapus
  8. wah jadi inget masakan mertua nih kak, sering banget lauknya gulai ayam, jadi pengen pulang kampung nih gan kangen keluarga ehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh =p~udah jadi masakan favorit keluarga ya mas Zanif (h) #Menantu yang baik (h) x-)

      Hapus
  9. Mamak, resep gulai ayam kampung itu terlihat sangat kental ya bumbu/kuah-nya. Terima kasih. Pas banget ini nemu pos resep-resep begini hahaha jadi buat bekal Ramadhan dan Idul Fitri, Insha Allah :D

    BalasHapus
  10. meskipun ini buka artikel terbaru gatau kenapa saya malah penasaran sama artikel masakan yang ini. liat fotonya kaya sedap banget hehehe

    kemiri itu yang kaya gimana ya?

    BalasHapus

 
Top