9 Comment
Urap - Salad sayur asli Indonesia, udah coba belum? makanan tradisional yang berisi aneka macam sayuran kemudian dicampur dengan bumbu parutan kelapa menjadikan citarasa dari makanan urap sayur begitu mantap.

Hidangan Urap yang berasal dari daerah jawa ini juga cocok untuk disajikan sebagai saalah satu menu harian yang praktis sekaligus menyehatkan. berikut cara membuat urap tradisional yang bisa anda coba di rumah.

Urap Sayur

Urap Sayur
Urap Sayur

Resep Urap Sayur Enak Dan Praktis


by: @yuli_susie
Bahan-bahan sayur urap:
  • 1 ikat bayam, siangi
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 10 lonjor kacang panjang, potong-potong
  • 100 gr tauge
  • 1 buah timun, potong dadu
Bahan bumbu urap:
  • 300 gr kelapa muda, parut
  • kaldu jamur secukupnya
  • gula jawa secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1 sachet terasi bakar
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • minyak goreng secukupnya
Bahan bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit
  • 3 cm kencur
Cara membuat hidangan urap sayur:
Baca Juga: Resep Ikan Asin Cabe Ijo
  1. Rebus bahan-bahan sayur urap, kecuali timun. untuk tauge cukup seduh dengan air panas, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan bahan bumbu urap seperti, kaldu jamur, gula jawa, garam, terasi bakar dan daun jeruk.
  3. Kemudian campurkan kelapa parut aduk-aduk sampai merata, cek rasa.
  4. Kemudian kukus bumbu urap kira-kira 25 menit sampai matang, angkat.
  5. Langkah terakhir campurkan sayuran yang sudah direbus dan timun potong, tambahkan bumbu urap aduk rata dan siap untuk disajikan.
Bahan dari sayuran anda bisa menambahkan bahan-bahan yang lain sesuai dengan selera masing-masing. selamat mencoba dan happy cooking:)

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. wah ane jadi inget masakan di rumah nih kak, bener bener tradisonal dan bikin kangen, jadi pengen mudik ke kampug halaman hehee :D makasih banyak kak infonya ya :)
    ijin follow blog nya ya untuk bersahabat ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba mas resepnya,,, (o) nanti kalu pulang kampung bisa masakin buat keluarga =p~

      Hapus
  2. Kalau sudah berhadapan dengan aneka masakan vegetarian semacam ini, rasanya lapar terus. Mungkin karena lebih suka sayur-mayur jadi kalau makan terasa enggak afdal jika tidak tambah porsi makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk pecinta vegetarian ya mas ini (h)dicoba mas resepnya :)

      Hapus
  3. Jadi lapar saya baca resep-resep ni...mantab gan....pokoknya...

    BalasHapus
  4. Cara bikinnya mudah banget ya ini. Jadi, pingin bikin juga nih hehe

    BalasHapus
  5. urap kesukaan aku ini hehehehe

    BalasHapus

 
Top