0 Comment

Kue Lapis - Salah satu kue basah yang banyak diminati masyarakat. kue ini merupakan salah satu masakan khas Indonesia. kue lapis memiliki bentuk tekstur dan warna yang ada dalam kue lapisnya yang berwarna-warni yang begitu cantik. pada saat pertama kali saya melihat membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama hahaha.

Kue Lapis

Pada umumnya kue lapis ini memiliki dua warna atau bisa juga lebih yaitu warna-warni sesuai dengan selera, yang dimasak secara berlapis-lapis. bahan utama yang digunakan juga bervariasi mulai dari tepung beras, tepung ketan, tepung kanji, dan juga tepung terigu. adonan bahan ini juga bisa anda gabungkan atau dicampur, tapi satu hal jangan mencampur tepung ketan dengan tepung kanji, karena bisa membuat hasil masakan menjadi susah dimakan.

Resep Kue Lapis

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg tepung terigu
  • 1/2 kg tepung tapioka atau sagu
  • gula pasir 1/2 kg
  • santan dari 2 buah kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • pewarna hijau secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Lapis:

  1. Langkah pertama yaitu, rebuslah santan menggunakan api sedang, masukan daun pandan yang sudah diikat beri gula pasir dan garam, aduk seperlunya dan masak hingga mendidih. hati-hati pada proses ini agar santan tidak pecah.
  2. Setelah mendidih dan masak, buang daun pandan dan diamkan dalam beberapa menit hingga santan dingin.
  3. Langkah berikutnya, campur tepung beras dan tepung tapioka atau sagu dalam sebuah wadah aduk campuran bahan tersebut sampai benar-benar merata sempurna.
  4. Kemudian aduk kembali campuran tepung tadi menggunakan santan yang sudah dingin, dalam memberikan santan ke dalam adonan tuang sedikit demi sedikit agar hasil dari adonan tersebut merata dengan maksimal.
  5. Selanjutnya bagilah adonan menjadi dua bagian, yang satu biarkan putih polos dan yang satunya tambahkan pewarna hijau secukupnya. (dalam proses ini bagi anda yang ingin meberikan warna lain juga bisa sesuai selera yang anda inginkan).
  6. Panaskan air yang cukup dalam panci atau pengukus untuk merebus adonan.
  7. Siapkan wadah atau loyang yang diolesi dengan minyak goreng terlebih dahulu, dalam mengaplikasikan minyak goreng tersebut seperlunya atau secukupnya saja.
  8. Tuang adonan tadi kedalam wadah atau loyang. adonan yang pertama dituang adalah adonan yang polos atau putih, sesukupnya saja atau -+ 100 ml.
  9. Pastikan air untuk merebus adonan sudah panas kemudian masukan adonan polos yang dituang kedalam wadah tadi, kukus kira-kira 5-10 menit.
  10. Kemudian tambahkan adonan yang berwarna hijau diatasnya -+ 100 ml juga lalu kukus kembali kira-kira 5-10 menit. lakukan langkah yang sama hingga adonan habis.
  11. Masak atau kukus adonan setelah lapisan terakhir kira-kira 15-20 menit, perhatikan air dalam panci atau dandang cukup untuk mengukus.
  12. Angkat dan dinginkan, setelah dingin potong sesuai selera dan kue lapis tepung beras siap untuk disajikan.
Demikian resep yang bisa anda coba dalam membuat kue lapis tepung beras, semoga suka dan happy cooking:)

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top