15 Comment
Asam Pedas - Udah makan siang belum, cobain Aneka Masakan Asam Pedas ini. jika anda pecinta rasa masakan asam dan juga pedas, anda bisa membuat sendiri di rumah kok. salah satunya dengan mencoba resep asem pedas Ikan Tenggiri khas bangka ini. hasil dari rasa masakannya pun pasti segar dan sangat enak sekali.

Asem Pedas Ikan Tenggiri Khas Bangka

Asam Pedas Ikan Tenggiri
Asam Pedas Ikan Tenggiri

by: ig@agustialidya88
Bahan-bahan:
  • 1 ekor ikan tenggiri ukuran kecil (potong-potong)
  • 2 buah tomat belah jadi 4 bagian
  • 2 buah belimbing wuluh iris tipis
  • 6 buah cabe setan
  • air asam jawa secukupnya
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
Bumbu halus asem pedas ikan tenggiri:
  • 6 buah cabe merah
  • 5 siung bawang merah
  • 1 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • 5 butir kemiri
  • terasi secukupnya
Cara Membuat Ikan Tenggiri Asam Pedas:
  1. Lumuri ikan tenggiri dengan garam selama 5 menit kemudian cuci bersih.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air asam jawa, cabe setan, dan belimbing wuluh tunggu hingga mendidih.
  3. Masukkan ikan tenggiri  dan gula, garam secukupnya jangan terlalu banyak.
  4. Aduk sampai merata secara perlahan agar ikan tidak hancur.
  5. Koreksi rasa, jika sudah pas matikan api, terakhir masukkan tomat.
  6. Sajikan selagi hangat.
Baca juga: Resep Ikan
Sajikan Asem Pedas Ikan Tenggiri bersama nasi putih hangat agar lebih nikmat. silahkan mencoba, happy cooking)

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. wah iklan tenggiri kesukaan saya nih, jadi ngiler pengen makan lauk ikan tenggiri ;)

    BalasHapus
  2. salah masuk saya nih. jadi lapar haaaa

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Sama-sama mba Rahayu, dicoba ya resepnya

      Hapus
  4. Asam jawa, belimbing, tomat... Itulah yang bikin segernya ya!

    BalasHapus
  5. ngiler dah liat fotonya
    biar ga ngiler mnt istri buatin ahh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, cobain yah resepnya :) apalagi buatan istri (o) pasti lebih mantap =p~

      Hapus
  6. Lihat cabe rawit merahnya banyak gitu....ini sih extra hoooot...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semlamat mencoba resepnya mas :) sesuaiakn juga sama porsi pedasnya ya mas :-)

      Hapus
  7. Saya belum pernah makan ikan tenggiri, tapi berhubung saya suka masakan yang asam pedas, sepertinya harus coba kasihkan resep ini ke mama (daripada bikin sendiri). hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa juga coba resep2 yang lain juga ya mba (o) cheer

      Hapus

 
Top