0 Comment
Peyek atau Rempeyek - Ada yang suka dengan peyek? sebagian orang pasti sudah banyak yang tahu dengan makanan peyek. ya, peyek merupakan makanan yang terbuat dari bahan tepung yang dibuat menjadi adonan kemudian diberi bumbu peyek dan ditambahkan bahan dengan campuran isi seperti, kacang tanah atau kacang kedelai.

Cara membuat peyek yang renyah, gurih, tidak keras dan bisa bertahan lama, sebenarnya tergantung dari cara membuat peyek nya yang terdiri dari bumbu peyek, bahan peyek dan cara membuat adonan tepung yang benar dan sesuai porsi sehingga hasil peyek menjadi super renyah.

Seperti resep peyek kacang tanah yang akan dibahas kali ini, peyek kacang biasa disajikan di rumah saya dijadikan sebagai makanan camilan atau dijadikan sebagai makanan pendamping masakan sehari-hari. selain itu juga peyek disajikan dihari-hari spesial seperti halnya pada saat hari lebaran atau idul fitri tiba. rasa gurih dan renyah yang ada disetiap gigitan dari peyek ini menjadi begitu sangat digemari. sampai-sampai camilan yang satu ini juga termasuk salah satu makanan peyek yang sudah mendunia lho'.

Baca juga: Resep Kue Tradisional

Mau membuat peyek sendiri di rumah? simak resep peyek yang gurih dan renyah di bawah ini, yaitu resep peyek kacang tanah dan peyek kacang kedelai.

Peyek Kacang Tanah (REMPEYEK)


Peyek Kacang Tanah
Peyek Kacang Tanah

Bahan peyek kacang tanah:
  • santan segar dari 1/2 buah kelapa
  • 1 kg kacang tanah
  • 500 gram tepung rose brand
  • air seperlunya
  • minyak goreng secukupnya
  • garam secukupnya
keterangan: jika ingin membuat dengan bahan kacang yang lain tinggal diganti saja, contohnya dengan kacang kedelai.

Peyek kacang Kedelai


Peyek Kacang Kedelai
Peyek Kacang Kedelai

Bumbu peyek (haluskan):
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 ruas kencur
Cara membuat peyek kacang tanah renyah dan gurih:
  1. Langkah pertama yaitu dengan membuat adonan peyek. siapkan wadah atau bisa juga pakai baskom campur tepung dan santan, tambahkan bumbu halus dan garam, aduk-aduk sampai tercampur rata. pastikan tingkat keenceran sempurna jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental, tambahkan air jika perlu. perhatikan juga saat memberi garam, cek secara pasti supaya rasanya pas.
  2. Pilihlah kualitas kacang yang terbaik, lalu potong menjadi dua bagian setiap sebutir kacang lalu cuci sampai bersih.
  3. Tambahkan kacang, kemudian aduk.
  4. Panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas dan cukup untuk menggoreng peyek hingga terendam sempurna. ketika minyak sudah panas, kecilkan api lalu masukan adonan peyek menggunakan sendok takar, pada saat memberikan adonan kedalam minyak, cetak sesuai keinginan, bisa berbentuk bulat atau lonjong sesuai selera, akan tetapi pastikan tidak tebal pada saat membuat cetakan didalam wajan supaya matang dengan sempurna dan tidak keras. Masukan adonan setiap 1 sendok takar saja jika ingin membuat peyek berbentuk bulat, jika mau berbentuk lonjong atau yang lain bisa lebih dan disesuaikan sesuai dengan diameter minyak.
  5. Goreng peyek dengan benar, balik seperlunya saja supaya tidak hancur dan matang secara merata.
  6. Angkat dan tiriskan minyak, sisihkan.
  7. Ulangi cara penggorengan peyek dan goreng sampai adonan habis.
  8. Ketika semua sudah selesai lalu dinginkan.
  9. Pada saat seperti ini, peyek bisa saja langsung dikonsumsi akan tetapi jika ingin lebih renyah, anda bisa menggoreng peyek setelah selang satu malam, keesokan harinya anda bisa menggoreng dan cukup hanya dipanasi seperlunya saja.
Peyek kacang renyah dan gurih siap untuk dinikmati. cukup mudah kan, peyek ini juga bisa kamu buat untuk oleh-oleh atau bisa juga untuk anda jual.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top