3 Comment
Wajik - Jenis wajik yang biasa di kenal masyarakat luas adalah wajik yang berasal dari ketan atau wajik ketan. wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula sampai berminyak dan terasa lembut. tekstur wajik kenyal dan lembut, serta aroma harum dari daun pandan

Di Indonesia,wajik terkenal berwarna cokelat. walaupun ada warna merah, hijau atau cokelat kehitaman, di antaranya dikenal dalam masyarakat Betawi, Jawa dan Bali. jenis wajik ketan selain berwarna coklat ada juga yang memiliki warna lain seperti warna hijau dan warna merah muda. warna hijau pada kue wajik berasal dari pewarna alami yaitu dari sari daun suji.

Bentuk yang sering dibuat adalah bentuk belah ketupat atau jajar genjang. bentuk belah ketupat atau jajar genjang oleh orang Jawa sering disebut bentuk wajik, oleh karena itu kue ini bernama wajik.

Kue tradisional di Indonesia memang tidak ada habisnya, karena Indonesia kaya akan budaya dan suku. Sehingga begitu banyak jenis aneka ragam makanan, kue, dan minuman. Kali ini kita akan membahas resep wajik gula merah.

Kue Wajik

Kue Wajik
Kue Wajik

Berikut Resep cara membuat kue wajik gula merah yang bisa anda coba di rumah.

Bahan:
  • 500 gr beras ketan putih
  • 200 gr gula merah (gula aren)
  • 175 gr gula pasir
  • santan dari 1 butir kelapa (150 ml)
  • 3 lbr daun pandan
  • air secukupnya (200 ml)
  • garam secukupnya
  • minyak goreng sedikit saja untuk mengolesi wadah atau loyang
  • daun pandan atau kertas minyak untuk alas loyang jika perlu
Cara membuat wajik ketan enak:
  1. Langkah pertama yaitu merendam beras selama kurang lebih 3 jam, setelah itu buang air rendaman beras dan bilas cuci sampai bersih, tiriskan.
  2. Kemudian kukus beras ketan kurang lebih 15 menit atau setengah matang (jangan terlalu matang), matikan api beri sedikit air kedalam adonan aduk-aduk supaya tidak menggumpal kemudian masak lagi hingga matang.
  3. Rebus air masukan gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan, masak hingga mendidih dan sedikit kental lalu saring.
  4. Siapkan panci, masukan santan dan rebusan air gula lalu tambahkan adonan ketan aduk merata dengan api kecil hingga tanak dan mengeras dan teksturnya juga lengket.
  5. Siapkan wadah atau loyang yang sudah diolesi minyak, alasi menggunakan daun pisang atau kertas minyak jika perlu, tuangkan adonan tekan dan ratakan.
  6. Tunggu sampai dingin, setelah dingin potong-potong wajik sesuai selera.
  7. Siap disajikan.
Demikian resep dan cara membuat wajik ketan gula merah. pastikan bahan beras ketan yang digunakan adalah beras yang memiliki kualitas bagus dan tidak bau apek. happy cooking:) Baca juga: Resep Kue Lapis

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Wahhhh oke banget nih dijadikan santapan manis pendamping minuman takjil

    BalasHapus

 
Top