8 Comment
Kolak - Resep kolak memang sangat bervariasi. menu takjil ini merupakan salah satu menu takjil favorit masyarakat Indonesia. disetiap acara spesial atau acara tertentu apalagi dibulan Ramadhan, kolak takjil ini menjadi salah satu yang diminati. makanya banyak pedagang yang memanfaatkan momen bulan puasa untuk berjualan aneka takjil, salah satunya kolak.

Bagi penggemar takjil, kolak juga dinikmati pada hari-hari biasa dan dengan bahan yang bermacam-macam supaya lebih lengkap, lebih mantap dan tidak membosankan. sajian khas dengan cita rasa manis, dengan kuah yang mantap ditambah dengan beraneka macam isi kolak, nikmat sekali rasanya apalagi disajikan bersama keluarga beuuhhh semakin mantap pokoknya. yuk simak resepnya di bawah ini dan bisa langsung anda praktekin sendiri di rumah.

Kolak atau kolek

Kolak
Kolak

Resep kolak
by: @dewie_kitchen

Bahan-bahan:
  • 150 gr ubi kuning
  • 150 gr ubi putih
  • 75 gr tepung sagu
  • 250 gr gula merah
  • 150 gr labu kuning
  • 150 gr sagu mutiara
  • 500 ml santan
  • 250 ml air putih
  • secubit garam
  • 3 lembar daun pandan
Cara membuat kolak:
  1. Kupas ubi kuning, ubi putih dan cuci bersih.
  2. Kukus ubi hingga lembek, lumatkan.
  3. Campur masing-masing ubi kukus dengan 75 gr tepung sagu, lalu bulatkan menjadi Biji salak dan rebus hingga matang. angkat dan tiriskan.
  4. Cara memasak sagu mutiara, caranya rendam terlebih dahulu sagu mutiara selama 30 menit, cuci bersih dan rebus selama kurang lebih 45 menit, matikan kompor kemudian tutup panci biarkan hingga semua sagu mutiara kelihatan bening, saring airnya siap untuk dipakai.
  5. Panaskan air, masukan daun pandan, gula merah, labu kuning, santan aduk terus menerus agar santan tidak pecah.
  6. Jika labu kuning sudah agak lembek, masukkan Biji salak dan sagu mutiara, aduk-aduk hingga rata angkat dan sajikan.
Selamat menikmati kolak yang sederhana, anda bisa menambahkan bahan pisang, ubi jalar dan kolang-kaling atau bahan yang lain biar lengkap. happy cooking:)

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. wah pas banget nih udah mau puasa, paling enak buka puasa pakai kolak pisang..
    izin save ya kak resepnya, mau dipraktekin pas ramadhan nati.. hehe

    BalasHapus
  2. Bikin ngiler aja ni postingan, kslau lagi puasa bikin ujian makin berat aja ya,..ha-ha 😂

    BalasHapus
  3. Kalau kolak ini yang saya sukai biji salaknya. kenyal-kenyal gimana gitu.

    BalasHapus
  4. Widiiw... Kalau sudah puasa wah... Bahaya baca siang-siang, auto ngiler Kak.
    Nah nih aku baca pagi-pagi. Haha...

    Siap deh.
    Aku save menunya.

    Terima kasih berbagi resepnya Kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimasak sekarang aja mbak, mumpung belum puasa, bair puas2kan dulu makanya, wkwkwwk

      Hapus
  5. waaahhh bentar lagi puasaaa.
    Waktunya save menu-menu buka puasa kayak gini.

    Paling suka juga masak kolak, lebih mudah soalnya ketimbang lainnya.
    Dan seger banget buat buka puasa :)

    BalasHapus
  6. Noted, bakal dicobain pas puasa nanti :D Makasih Maaaak :*

    BalasHapus
  7. Bentar lagi gambar kolak ini akan terasa horor di siang hari hehehe

    BalasHapus

 
Top