0 Comment

Cara memasak daging biar empuk. proses memasak makanan berbahan dasar daging merupakan proses memasak yang membutuhkan waktu yang bisa dibilang cukup lama dalam proses pembuatannya.

Masakan daging sapi tentunya sudah menjadi andalan untuk menu masakan sehari-hari maupun momen hari spesial. yah, karena keserbagunaan daging sapi ini yang bisa diolah menjadi aneka beragam menu masakan mulai dari sate daging sapi, sup daging, rendang daging sapi sampai menu sajian gulai daging.

Mengolah daging sapi ternyata mudah dan bisa lebih menghemat waktu jika kamu tahu cara dan triknya karena akan lebih cepat, khsusnya buat kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk di dapur, karena kesibukan dan aktivitas yang lain. lalu bagaimana tips mengolah daging sapi yang benar agar daging lebih cepat empuk dan tidak alot?

Kali ini Dapurmamake.com akan membagikan cara memilih daging, mengolah daging yang baik dan juga tips memasak agar daging sapi lebih empuk sebagai salah satu panduan ketika kamu akan memasak olahan daging sapi.

Tips dan cara memasak agar daging sapi cepat empuk, lunak dan tidak alot

1. Langkah pertama yaitu dengan cara memotong daging dengan cara melintang atau melawan serat daging.
2. Pukul-pukul daging, dengan cara memukul daging sebelum dimasak dapat melemaskan otot-otot dan serat daging sapi sehingga lebih lembut dan empuk setelah dimasak nanti.
3. Mencampur daging sapi menggunakan buah nanas, caranya campur daging sapi dengan parutan nanas. ingat jangan terlalu lama, cukup sebentar saja.

Daging
source: pixabay

Tips memilih daging

Satu hal penting yang harus kamu lakukan pada saat akan mengolah daging yaitu pemilihan bahan daging. yah, karena hal ini menjadi salah satu kunci keberhasilan memasak daging. nah, bagaimana cara memilih daging yang baik?
  1. Sebelum memilih daging, sebaiknya pikirkan masakan apa yang akan diolah, setelah itu pilih daging sapi berdasarkan potongan bagian tubuhnya. karena perbedaan potongan bagian tubuh berbeda pula jenis masakan apa yang akan diolah.
  2. Pilihlah daging yang memiliki warna merah alami dan tekstur bentuk yang tidak berair.
  3. Tips yang ketiga kamu bisa mencoba menekan daging, pilihlah yang memiliki tingkat kekenyalan yang cukup dan memiliki aroma daging yang segar.
  4. Tips yang keempat ini kamu harus hati-hati pada saat memilih daging sapi. jangan tergiur dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran pada umumnya. bisa jadi harga yang lebih murah juga memiliki kualitas daging yang kurang baik.

TIPS cara memasak daging

Mengolah daging sapi yang baik dan benar membutuhkan cara jitu untuk menentukan kualitas masakan supaya lebih enak saat dimakan. simak beberapa cara mengolah daging yang bisa kamu coba di rumah.
  1. Mencuci daging. cara pertama yang dilakukan adalah bagaimana cara mencuci daging? caranya: pada saat kamu akan memasak daging, sebaiknya jangan merendam ataupun mencuci daging terlalu lama. karena akan menghilangkan kandungan gizi selain itu perendaman yang terlalu lama juga akan merubah warna menjadi pucat dan terlihat tidak segar dan juga bisa menyebabkan daging akan menjadi keras setelah dimasak.
  2. Pemotongan daging. lalu bagaimana cara memotong daging yang benar untuk dimasak? caranya: potong daging melawan alur urat dan seratnya. memotong daging dengan cara ini bisa membantu agar daging menjadi empuk setelah dimasak nanti. tentunya juga menjadikan masakan daging sapi lebih lezat.
  3. Lalu bagaimana mengolah daging yang beku atau bagi kamu yang biasa memasukkan daging kedalam freezer? pastinya daging menjadi beku bukan? nah, lebih baik diamkan daging di dalam suhu ruang atau kamu bisa mendiamkan daging pada bagian bawah kulkas ketika malah hari, baru kemudian ketika pagi hari diamkan daging pada suhu ruangan sebelum dimasak.

Cara mengolah dan memasak daging sapi supaya enak berdasarkan cara memasak

Cara memasak daging tentunya memiliki cara yang berbeda-beda di setiap masakannya. bagaimana proses cara memasak daging yang benar disetiap masakannya agar lebih enak?

1. Mengolah dan memasak daging dengan cara direbus.

Potonglah daging pada bagian perut (sandung lamur) terlebih dahulu karena bagian ini biasanya memiliki tekstur yang lebih keras dan membutuhkan proses yang lebih lama agar daging sampai lebih lunak. makanya pada bagian inilah yang harus terlebih dahulu dimasak setelah itu baru potongan daging yang memiliki tekstur lebih lembut. pada saat pemotongan daging, jangan terlalu besar supaya lebih cepat empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. ketika akan memasukkan daging, diharapkan menunggu air mendidih terlebih dahulu untuk merebusnya selanjutnya baru daging dimasukkan. gunakanlah api kecil atau sedang sampai benar-benar daging matang sempurna.

2. Mengolah dan memasak daging dengan cara dibakar.

Untuk proses pengolahan daging dengan cara dibakar, pilihlah daging bagian has dalam. setelah itu potong dengan ukuran kecil atau sesuai selera kemudian rendam dalam adonan bumbu sampai benar-benar meresap ke dalam daging. selanjutnya tusuk daging dan bakar diatas bara api.

3. Mengolah dan memasak daging dengan cara digoreng.

Sama halnya seperti memasak dengan cara dibakar, proses memasak daging dengan cara digoreng pun sama yaitu pilih bagian daging khas dalam. kemudian rebus terlebih dahulu dalam air yang sudah diberi bumbu, masak hingga daging empuk. setelah langkah tersebut selesai, potong daging dengan ketebalan 1-2 cm dengan melawan serat daging. kemudian pukul-pukul daging menggunakan pemukul daging lalu goreng dalam minyak yang cukup dengan temperatur yang sedang.

Demikian cara mengolah dan memasak agar daging sapi lebih cepat empuk. selamat mencoba semoga berhasil dalam proses membuatnya. bagikan tips ini jika bermanfaat yah, happy cooking:)

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top