0 Comment

Dapurmamake.com - Buat kamu yang sudah mengkonsumsi tomat hari ini, bergembiralah karena manfaat kesahatan dari tomat cukup banyak dan menakjubkan.

Tomat, sama serbagunanya dengan beberapa jenis buah yang lain. tomat ini biasa juga digunakan sebagai bahan tambahan bumbu resep masakan yang sangat beragam seperti di Negara tercinta kita ini, Indonesia. tomat juga bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi sebuah minuman seperti jus segar.

Manfaat Tomat
Manfaat Tomat Bagi Kesehatan, Source image by Pixabay
Tomat juga memiliki banyak beragam jenis dan warna yang ada diseluruh dunia, seperti tomat merah, tomat hijau, tomat ungu, tomat kuning dan masih banyak lagi.

Sama halnya makanan populer seperti salad, roti berlapis, barbekyu (BBQ), pizza, spageti adalah makanan yang bisa dibilang bahan pelengkapnya adalah tomat.

Hal paling penting adalah manfaat tomat bagi kesehatan ini yang cukup banyak dan memiliki kandungan yang baik juga bagi tubuh, seperti yang dilansir WHFOODS.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Sebagian manfaat tomat bagi kesehatan berasal dari:
  • Likopen untuk jantung dan kulit
  • Kalsium untuk tulang
  • Vitamin A untuk mata, rambut, jantung dan diantara banyak nutrisi penting lainnya.

Berikut ada beberapa manfaat tomat bagi kesehatan.

1. Tomat mengandung likopen yang baik untuk jantung, kulit dan lainnya.

Likopen adalah salah satu dari beberapa karotenoid (pigmen yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dalam tubuh) yang secara alami ditemukan dalam tomat. Studi menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan tingkat stres oksidatif, serta mengurangi risiko menderita stroke. Likopen juga telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan kulit dan rambut.

2.Tomat dapat membantu melindungi tulang karena mengandung kalsium.

Tomat kaya akan kalsium, yang penting untuk kesehatan, tulang, gigi yang kuat. vitamin K yang dikenal untuk mencegah osteoporosis dan osteopenia.

3. Tomat mengandung vitamin A yang bermanfaat bagi rambut, mata dan jantung.

Dua karotenoid lain yang ditemukan dalam tomat adalah beta-karoten dan alfa-karoten. Tubuh mengubah karotenoid ini menjadi vitamin A, yang mempromosikan penglihatan, kulit, dan rambut yang sehat. Dan meskipun para ahli masih belum yakin persis bagaimana vitamin A mempengaruhi jantung, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa jantung merespon secara positif jumlah vitamin A yang disimpan dalam tubuh.

4. Tomat dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Tingginya kadar likopen dan vitamin C dan A dapat mengurangi risiko kanker prostat, kolorektal, dan lambung. Makanan kaya antioksidan juga dikenal untuk menetralisir radikal bebas berbahaya dalam darah, yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

5. Tomat dapat menurunkan resiko terkena batu ginjal.

Studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan antioksidan dapat mencegah pembentukan batu ginjal, yang menjadikan tomat sebagai pilihan ideal menjaga kesehatan ginjal. selain itu, tomat mengandung banyak air dan kalium, yang juga dapat menurunkan risiko terkena batu ginjal.
Peringatan: Tomat juga dapat menimbulkan efek samping bagi sebagian orang, yang dapat menyebabkan nyeri sendi, masalah pencernaan, sakit kepala, depresi dan peradangan.

Cara mengkonsumsi tomat untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan, mana yang lebih baik? tomat mentah atau dimasak?

Meskipun semakin populernya mengkonsumsi makanan mentah, kamu masih bisa mendapatkan nutrisi dari tomat yang dimasak. misalnya, kemampuan tubuh untuk memanfaatkan likopen sebenarnya meningkat ketika tomat dimasak atau tomat mentah.
  • Perlu diingat bahwa tomat mentah masih merupakan sumber likopen yang baik.
  • Tomat yang dimasak memiliki kadar vitamin C lebih rendah dari pada tomat mentah, jadi jika ingin meningkatkan kadar, mungkin lebih baik dengan tomat mentah.
Bagaimana? kamu memutuskan untuk mengkonsumsi tomat dengan cara dimasak atau mentah? penting untuk tidak mencairkan manfaat kesehatan dari tomat. jika kamu membeli saus atau pasta tomat, pilih saus tanpa garam atau gula ditambahkan. atau lebih baik lagi, masaklah saus sendiri di rumah. jika kamu makan tomat mentah, beri garam secukupnya dan pilih salad yang rendah kalori dan lemak jenuh.

Nah, buat kamu yang ingin menanam sendiri dihalaman rumah atau dikebun, tanaman tomat merupakan tanaman yang mudah untuk tumbuh lho.

Baca juga:

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan
Manfaat ketumbar bagi kesehatan
Manfaat timun suri si buah ajaib

Demikian artikel tentang manfaat dari tomat untuk kesehatan. semoga bisa membantu dan happy cooking:).

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top