Resep Cara Mudah Membuat Cireng Empuk, Lembut Dan Tidak Alot

Cireng itu apa sih? buat kamu yang belum tahu, cireng adalah makanan ringan berbahan utama tepung kanji dan tepung tapioka yang dicampur menjadi sebuah adonan kemudian teknik memasaknya dengan cara digoreng.

Cireng merupakan makanan ringan yang berasal dari daerah sunda Jawa barat. cireng termasuk makanan ringan yang cukup terkenal dan populer, sehingga cireng juga banyak dijual dan mudah ditemukan, khusunya didaerah priangan. pedagang yang menjual cireng pun berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen dengan beragam bentuk, isi dan variasi rasa.

Lalu bagaimana cara membuat cireng crispy, lembut, empuk dan tidak alot? simak resep cireng dan langkah-langkah cara membuat cireng agar mengembang berikut ini. kamu juga bisa membuat sendiri di rumah pastinya, karena mudah dan praktis banget. Cobain juga: Resep sostel dan resep stik kentang keju aneka resep camilan rumahan yang enak dan mudah dibuat.

Rujak Cireng

Cireng

Resep Dan Cara Membuat Cireng Sambal Bumbu Rujak

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cireng
[email protected]_babyraj
Bahan adonan kental cireng:
  • 200 ml air
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 4 siung bawang putih halus
  • garam dan kaldu jamur secukupnya (banyakin biar gurih)
Bahan adonan kering cireng:
  • 200 gram tepung tapioka
  • daun bawang iris
Langkah-langkah cara membuat cireng:

1. Aduk semua bahan adonan kental, hingga larut. kemudian masak hingga bahan mengental.

2. Campurkan adonan kental ke adonan kering. asal campur dan asal aduk.
Note: Tidak usah terlalu tercampur, asalkan bahan tidak lengket dan gampang untuk dibentuk. jika masih basah, tambahkan sedikit demi sedikit tepung tapioka.
3. Kemudian bentuklah bahan cireng sesuai dengan selera.

4. Goreng cireng dengan api kecil hingga matang.
Note: Pada saat proses menggoreng cireng, jangan menggunakan api besar. dikarenakan nanti bisa mudah meledak dan disamping itu juga bagian dalam cireng belum matang.
5. Ketika cireng sudah matang, angkat dan tiriskan.

Tambahkan bumbu rujak cireng supaya lebih mantap dan nikmat lagi saat disantap.

Bumbu sambal rujak cireng

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu rujak cireng:
  • 4 buah cabe merah
  • 4 buah cabe rawit
  • 3 keping gula merah
  • 2 sdm airasam jawa
  • 50 ml air
  • 1 sdt garam
Cara membuat bumbu rujak cireng:

1. Langkah pertama untuk membuat bumbu rujak cireng yaitu blender jadi satu semua bahan.

2. Masak hingga mendidih dan sedikit kental.

3. Angkat dan siap untuk digunakan.

Demikian resep dan cara membuat cireng bumbu rujak crispy. selamat mencoba semoga berhasil. selain resep cireng diatas, berikut ada resep cireng dengan bahan nasi. buat kamu yang punya nasi tapi tidak habis, eksekusi jadi cireng nasi aja. pasti langsung ludes deh diserbu 1 rumah.

Cireng Nasi Nori

Cireng Nasi Nori

Resep dan cara membuat cireng nasi nori mudah, enak dan praktis di rumah

[email protected]
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cireng nasi nori:
  • 1 centong nasi
  • 2 centong tepung tapioka
  • 2 lembar nori / rumput laut instan, gunting kecil-kecil
  • 1 siung bawang putih, parut
  • 1/2 sdt garam, lada dan kaldu bubuk
  • Air panas, secukupnya
Cara membuat cireng nasi nori:

1. Langkah pertama untuk membuat cireng nasi nori yaitu, campur semua bahan cireng sambil diberi air panas sedikit demi sedikit hingga kalis.

2. Kemudian bentuk adonan cireng sesuai selera.

3. Goreng cireng hingga matang.

4. Angkat dan siap dinikmati.

Untuk membuat bumbu rujaknya sebagai pendaming cireng juga mudah, simak berikut resep bumbu rujak cireng.

Bahan bumbu rujak:
  • 3 buah cabe rawit, iris
  • 1 sdm asam jawa
  • 2 sdm brown sugar / gula merah iris
  • Sedikit air
Cara membuat bumbu rujak cireng praktis:

Campur semua bahan dan bumbu dalam wadah, aduk hingga rata. siap digunakan untuk pendamping menyantap cireng nasi nori.

Demikian resep dan cara membuat cireng bumbu rujak crispy (kriuk di luar dan kenyal di dalam) dan juga resep cireng nasi nori. selamat mencoba semoga berhasil yah, happy cooking:).

1 Komentar untuk "Resep Cara Mudah Membuat Cireng Empuk, Lembut Dan Tidak Alot"

  1. Wah iya nih Mbak biasanya ada tuh cireng yang alot. Kalau empuk gini saya suka banget hihi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel