2 Comment

Dapurmamake.com - Berbicara tentang daging, salah satu daging yang diperdagangkan dan dikonsumsi di seluruh dunia dengan persentase hingga lebih dari 70% yaitu daging kambing.

Tips Memasak Daging Kambing
Daging Kambing juga terbilang daging yang dikonsumsi cukup tinggi dengan angka dalam jumlah persen tersebut bukan? usut punya usut, daging kambing disebut juga daging yang layak dikategorikan dalam menu masakan sehari-hari lho! katanya, kalori dan lemak yang terkandung dalam daging kambing itu lebih rendah dibanding dengan daging jenis lain seperti, daging ayam dan juga daging sapi.
Ingat!!! bijaklah untuk membatasi dan mengatur porsi ketika mengkonsumsi daging kambing supaya kesehatan tetap terjaga. karena apapun jenis daging, jika tinggi lemak dan dikonsumsi secara berlebih tetap akan beresiko meningkatkan tekanan darah dari penumpukan lemak jenuh pada tubuh.
Daging kambing merupakan bahan masakan yang bisa diolah menjadi sebuah makanan lezat dengan resep daging kambing seperti, sate kambing, gulai kambing, tongseng kambing, semur daging kambing, daging kambing kecap, sop daging dan masih banyak lagi resep masakan yang bisa dikreasikan menggunakan bahan daging kambing.

Daging kambing alot dan bau prengus?

Bagaimana cara memasak daging kambing agar empuk, tidak alot dan cara memasak daging kambing agar tidak bau prengus? simak tips dan trik memasak daging kambing berikut ini:

Olahan daging kambing dengan teknik cara memasak yang disarankan

→ Daging kambing dengan cara direbus atau dikukus

Disarankan untuk mengolah daging kambing dengan cara direbus atau dikukus dilengkapi dengan sayuran segar. jika ingin membuat sup atau masakan yang berkuah, rebuslah daging kambing terlebih dahulu kemudian buang kaldunya untuk meminimalisir lemak-lemak jahat atau bisa memasak olahan kuah daging kambing sehari sebelum digunakan atau dikonsumsi dan biarkan hingga dingin. tujuanya agar lemak mengapung di atas permukaan dan bisa diambil untuk dihilangkan sebelum dipanaskan.

→ Daging kambing dengan cara dipanggang

Memasak daging kambing dengan cara memanggang juga lebih baik dan disarankan. karena tidak membutuhkan tambahan minyak pada saat mengolah, cukup dengan cara memanggang sampai tingkat kematangan (medium rare) supaya hasil daging kambing lebih empuk dan juicy.

Cara Memasak / Mengolah Daging Kambing Agar Empuk, Tidak Alot Dan Tidak Bau Prengus Atau Bau Amis

1. Memilih daging kambing

Pilihlah daging kambing yang memiliki sedikit akan kandungan lemak dan juga pilihlah daging kambing yang masih segar, memiliki warna yang cerah dan bau khas kambing dengan tekstur daging yang masih kenyal.

2. Janganlah mencuci daging kambing

Biasanya daging yang akan dimasak harus dicuci sampai bersih, akan tetapi berbeda dengan daging kambing. karena justru membuat bau amis atau prengus lebih tajam dan juga daging kambing akan beresiko lebih alot dan keras, atau jika sudah terlanjur mencucinya, tambahkan taburan garam dengan cara balurkan keseluruh permukaan daging dan diamkan kurang lebih 1 jam. kemudian cucilah kembali daging sebelum diolah untuk menetralisir darah yang bisa menyebabkan aroma tidak sedap.

3. Singkirkan lemak daging

Penyebab aroma bau prengus dan bau amis pada daging kambing sebagian besar terletak pada lemak (biasanya berwarna putih) yang menempel pada daging kambing. cara agar lebih mudah untuk menyingkirkan lemak tersebut yaitu dengan cara membekukan daging kambing, baru kemudian iris dan singkirkan lemak yang menempel.

Cara memasak daging kambing agar tidak bau prengus menggunakan bahan-bahan tertentu

4. Merebus daging kambing menggunakan bumbu / rempah-rempah

Tambahkan bumbu atau rempah-rempah pada saat merebus seperti jahe, daun jeruk, kunyit, serai, cengkeh atau ketumbar untuk mengurangi bau prengus dan bau amis pada daging kambing.

5. Menggunakan jeruk nipis

Lumuri daging kambing dengan jeruk nipis. caranya, diamkan selama kurang lebih setengah jam daging yang sudah dilumuri menggunakan air jeruk nipis. cara ini dapat melunakkan daging dan mengurangi bau serta dapat membunuh bakteri pada daging kambing.

6. Menggunakan daun pepaya

Remas dan bungkuslah daging kambing menggunakan daun pepaya setelah daging dipotong yang kemudian dimasak. cara ini dapat membuat tekstur daging lebih empuk dan tidak alot, karena daun pepaya memiliki kandungan enzim dan zat papain. baca juga manfaat daun pepaya.

7. Menggunakan nanas

Balurkan nanas yang sudah diparut pada daging kambing kemudian diamkan kurang lebih setengah jam sebelum diolah. nanas memiliki getah yang tajam yang dapat digunakan untuk melunakkan daging yang alot dan membantu mengatasi aroma amis pada daging kambing.

Demikian tips cara memasak daging kambing yang mungkin bisa dapat membantu ketika akan mengolah dan memasak daging kambing sendiri di rumah, happy cooking:).

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Sangat bermanfaat sekali nih tipsnya untuk memasak daging kambing di rumah, karena biar bagaimana pun memasak sendiri lebih terjamin higienis.

    BalasHapus
  2. Wah ternyata dengan menggunakan jeruk nipis bisa membuat daging kambing menjadi tidak alot ya

    BalasHapus

 
Top