0 Comment

Dapurmamake.com - Ada beberapa tips tentang cara menyimpan daging dalam freezer agar tetap segar dan supaya daging bertahan lebih lama.

Menyimpan sebuah bahan makanan merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan untuk menjaga kesegaran dan kualitas untuk melindungi bahan masakan dari bakteri, tak hanya agar tetap segar akan tetapi juga supaya bahan makanan lebih awet untuk digunakan dalam tempo jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga:

Tips cara menyimpan daging agar tetap segar dan tahan lebih lama

Seperti halnya menyimpan daging tentu saja hal yang sangat penting pastinya. penyimpanan daging juga harus benar untuk melindungi daging dari kerusakan bakteri yang masuk dan agar tetap bisa digunakan kapan saja ketika ingin memasak daging pada lain waktu atau kesempatan, ter-untuk bagi kalian yang suka membeli daging dalam jumlah yang lebih banyak untuk keperluan masakan sehari-hari.

Daging adalah bahan masakan yang dapat diolah dalam berbagai cara, mulai dari dengan cara dipanggang, digoreng atau direbus. daging juga dijadikan sebagai steak, roulade atau fillet klasik. daging dapat dibeli di toko supermarket atau pasar tradisional. banyak yang beranggapan bahwa, daging sapi adalah sebagai salah satu puncak kenikmatan kuliner.

Nah buat kamu yang punya daging kurban yang cukup banyak, tips menyimpan daging ini juga cocok lho, agar awet dan supaya tahan lama.

Beberapa Tips Tentang Cara Menyimpan Daging

Tips Menyimpan Daging
Source by Pixabay

Perhatikan pada saat akan membeli dan memilih daging

- Pilihlah daging yang masih baru dan segar. terlihat dari tekstur daging yang kenyal, memiliki warna yang tidak pucat dan aroma khas daging.

- Jika membeli daging di pasar tradisional, tanyakan pada penjual asal-usul daging. dari jenis daging dan kapan waktu disembelih (jika tidak jelas labelnya).

- Jika membeli daging dalam bentuk kemasan, perhatikan tanggal digunakan-nya (exp) dan periksa bahwa tidak ada kerusakan pada kemasan daging. apabila udara telah masuk, kemungkinan ada bakteri yang ikut masuk dan ini dapat dengan cepat merusak daging.

Jauhkan daging mentah dari makanan lain

Cara ini bertujuan agar makanan lain tidak tercemar. itu sebabnya mungkin mengapa banyak lemari es memiliki kompartemen dibagian terpisah dalam lemari es untuk menyimpan daging, untuk menghindari bocornya dari makanan jenis lain agar tidak bersentuhan atau tercampur.

Daging jangan dicuci

janganlah mencuci daging mentah. menurut penelitian, daging yang masih mentah justru bisa mengundang bakteri karena akan disimpan dalam jangka waktu yang lama. lain lagi jika akan dimasak atau diolah, tentu saja daging harus dicuci sampai bersih.

Potonglah daging, jangan menyimpan dalam ukuran besar sekaligus

Segera potong daging saat masih segar dan letakkan dalam wadah bersih kedap udara. akan lebih baik lagi jika daging dipotong dan dikemas (dalam setiap satu kemasan) itu berisi ukuran satu porsi atau satu kali masak. supaya pada saat kita membutuhkan atau daging akan dimasak kita hanya mengambil daging yang akan diperlukan saja. biar lebih mudah atau tidak repot mengambilnya dan juga agar dapat daging yang lain tetap terjaga kualitasnya.

Kemas daging dalam wadah tertutup

Pada saat akan menyimpan daging, kemaslah dalam wadah yang tertutup agar tidak mudah bakteri yang masuk dan kontaminasi silang dengan makanan lain.

Simpan daging di freezer

Segera simpan daging di mesin pembeku atau freezer saat masih segar agar rasa dan nutrisi tetap terjaga. sebaiknya lapisi lagi dengan kertas foil untuk menjaga kelembaban daging. pahami dan atur suhu pendingin serta pembekuan dengan benar dan juga tepat.

Ketahui berapa lama daging bisa bertahan saat di simpan dalam kulkas dan freezer

Menyimpan daging dalam kulkas:
  • Daging merah mentah dapat bertahan hingga lima hari
  • Daging masak dapat bertahan hingga empat hari
Menyimpan daging dalam freezer:
  • Daging merah mentah dapat bertahan hingga 12 bulan
  • Daging masak dapat bertahan hingga 6 bulan.

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top