1 Comment

Dapurmamake.com - Cara Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker, Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia. Lalu bagaimana cara memasak nasi dengan rice cooker biar nggak gagal dan hasil dari nasi yang kita masak lembut dan juga pulen?

Selain menu masakan sehari-hari yang sudah kalian masak sedemikian rupa, pastilah membutuhkan nasi sebagai makanan utama. Apalagi, tipikal kebanyakan dari masyarakat Indonesia adalah makan itu ya pakai nasi, Kalo belom ketemu nasi berarti belum makan, benar bukan?

Nasi yang akan kita makan, tentunya kita kan juga harus memasak beras terlebih dahulu sebelum akhirnya menjadi sebuah nasi. Metode memasak beras itu ada beberapa cara, dari memasak beras dengan cara tradisional atau menggunakan penanak nasi.

Penanak nasi yang akan kita bahas disini yaitu Rice cooker.

Cara Masak Nasi Di Rice Cooker
Image By: Pixabay

Apa itu Rice cooker?
Rice cooker merupakan salah satu alat yang masuk dalam kategori penanak nasi. Sistem kerja rice cooker yaitu bersumber dari listrik. Saat pertama kali diproduksi, alat listrik ini hanya berfungsi untuk memasak nasi atau menanak nasi. Akan tetapi, saat ini rice cooker juga memiliki beragam fungsi tidak hanya sebagai penanak nasi saja. Fungsi lain dari rice cooker, antara lain; mengukus, menghangatkan lauk, dan beberapa fungsi lainnya. Ada begitu banyak macam ukuran, jenis dan merk rice cooker yang dijual, kamu tinggal memilih dan membeli mana yang kamu suka dan kamu butuhkan serta jangan lupa juga, sesuaikan dengan budget yah, hehehehe.

Memasak memang terkadang membutuhkan waktu yang cepat agar aktifitas yang lain tidak terganggu. Apalagi buat kamu yang super sibuk yang memang harus melakukan hal lain seperti ini, itu dan sebagainya. Tentunya alat dapur listrik yaitu Rice cooker juga sangat dibutuhkan untuk membantu kamu mempercepat dan mempermudah aktifitas di dapur.

Bagaimana cara memasak nasi menggunakan Rice cooker?

Berikut cara memasak nasi menggunakan Rice cooker spesial bagi kamu yang pemula dalam dunia memasak. Ikuti langkah-langkah memasak nasi dengan rice cooker agar enak, pulen, lembut dan tidak gagal.

Bahan yang dibutuhkan untuk memasak nasi:
  • Beras
  • Air
  • Sedikit perasan air jeruk dan daun pandan (opsional)
Peralatan yang dibutuhkan untuk memasak nasi:
  • Rice cooker
  • Gelas pengukur/takar
  • Saringan
  • Spatula kayu atau karet
Langkah Pertama:
Takar beras menggunakan gelas takar. Sesuaikan dengan nasi yang dibutuhkan, asal sesuai dengan ukuran diameter (muatan nasi yang ditampung) Rice cooker. Setiap rice cooker memiliki panci atau inner pan, namun modelnya juga berbeda, ada jenis panci yang dapat dilepas ada juga yang tidak. Jika kamu menggunakan panci yang bisa dilepas, masukkan takaran beras langsung dalam panci. Namun jika tidak, taruh beras dalam wadah/baskom.

Langkah ke-Dua:
Cuci beras dengan air. Pada saat cucian pertama, air cucian beras terlihat putih menyerupai susu. Gunakan saringan untuk menyaring beras. Lakukan cara ini secara berulang hingga air cucian beras terlihat jernih. Idealnya mencuci beras cukup 2 sampai 3 kali saja, hal penting pada saat mencuci beras ialah tidak terlalu lama. Intinya beras bersih dari kotaran atau semacam benda lain tanpa mengurangi kandungan vitamin di dalamnya.

Langkah ke-Tiga:
Langkah selanjutnya, setelah beras dicuci dan disaring kemudian tambahkan air sesuai takaran jumlah beras dan jenis beras yang digunakan. Perbandingan air dan beras yang tepat adalah 2:1, artinya; 2 gelas air untuk 1 gelas takar beras. Kemudian kamu bisa menambahkan sedikit perasan air jeruk nipis agar nasi tidak mudah basi dan daun pandan agar nasi yang dihasilkan lebih beraroma wangi.

Langkah ke-Empat:
Langkah berikutnya, tutup atau top cover rice cooker sampai clamb knop berbunyi "klik". Kemudian sambungkan kabel rice cooker dengan sumber listrik ke stop kontak.

Langkah ke-Lima:
Langkah terakhir nyalakan tombol mode masak. Menekan tombol hingga lampu indikator cooking mode atau mode memasak menyala. Tunggu dan biarkan tombol beralih otomatis, lampu indikator mode warm. Warna lampu dan tombol mode setiap rice cooker juga berbeda-beda, tergantung jenis dan merk rice cooker.

Tips dan cara memasak nasi agar pulen (tidak lembek) dengan rice cooker

1. Perhatikan takaran beras dan ukuran air.
2. Mencuci beras.
3. Rendam beras kurang lebih 30 menit sebelum dimasak.
4. Tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis agar tidak mudah basi.
5. Tambahkan daun pandan agar nasi yang dihasilkan lebih beraroma wangi.
6. Tekan tombol mode masak atau cooking mode.
7. Jangan membuka rice cooker sebelum tombol mode cooking beralih ke tombol mode warm.
8. Diamkan nasi selama kurang lebih 10-15 menit sebelum dibuka.
9. Kemudian Gunakan spatula untuk mengaduk, agar nasi dalam rice cooker mengembang sempurna.
10. Nasi siap disajikan.

Penting pada saat Memasak Nasi untuk memeriksa apakah benar sudah menekan tombol mode masak atau cooking mode apa belum, alih-alih hal sepele ini terkadang dilupakan. Padahal tanpa menekan tombol nasi tidak akan pernah matang. Hayo siapa yang kebiasaan? jangan lupa juga untuk tetap baca petunjuk penggunaan rice cooker ya (buku pedoman). Selamat memasak dan happy cooking:).

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Wah bermanfaat banget nih Mbak cara memasak menggunakan rice cooker ini

    BalasHapus

 
Top