1 Comment

Dapurmamake.com - Memasak masakan sehari-hari di rumah memang tidak bisa dipisahkan dengan alat-alat dapur yang digunakan seperti panci atau wajan. lama-kelamaan salah satu masalah yang timbul akibat dari penggunaan wajan atau panci pun akan menghitam dan berkerak. makanan yang gosong akibat suhu api yang terlalu besar atau ketika sedang memasak tapi terkadang kamu lupa untuk mengecilakan api kompor juga termasuk salah satu penyabab timbulnya kerak pada panci atau wajan.

Apalagi makanan yang membutuhkan proses memasak yang cukup lama, pasti akan meninggalkan bekas pada panci atau wajan. seperti pada saat memasak rendang.

Cara Membersihkan Wajan Dan Panci
Source Image By: Pixabay
Panci atau wajan yang berkerak pastinya sesuatu hal yang menyebalkan bukan? tentunya kamu juga harus membersihkannya sampai benar-benar kinclong dan bersih untuk menghindari kerusakan dan mencegah timbulnya bakteri karena kandungan yang ditimbulkan pada kerak panci dan wajan.

Cara membersihkan kerak pada wajan atau panci cukup mudah lho, asal tahu caranya. berikut caranya agar panci atau wajan kinclong dan tampilan jadi seperti baru lagi.

Cara Membersihkan Wajan Dan Panci Berkerak Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Dengan Mudah

1. Membersihkan Menggunakan Abu Gosok

Cara membersihkan wajan dan panci yang berkerak dengan cara tradisional juga bisa lho, yaitu menggunakan abu gosok. cara ini biasa mamake lakukan di rumah untuk membersihkannya setelah memasak. jenis abu yang digunakan adalah dari kayu bakar, tapi jika ada abu dari gilingan padi atau gabah biasa daerah saya menyebutnya, hasilnya lebih baik dan lebih kinclong. diperkotaan biasanya juga ada yang menjual jenis abu gosok, seperti pasar tradisional.

Cara membersihkan: campur abu dengan air (membentuk adonan) lalu oleskan pada wajan atau panci, kemudian gosok bagian yang berkerak menggunakan sikat (sikat gigi atau sikat kawat) atau serabut kelapa. ulangi beberapa kali sesuai dengan ketebalan kerak, cuci sampai bersih.

Cara Membersihkan Kerak Pada Wajan Dan Panci Menggunakan Bahan Yang Ada Di Dapur

2. Membersihkan Menggunakan Air Panas Dan Sabun Cuci Piring

Membersihkan wajan atau panci juga bisa dengan merendam menggunakan air panas dan sabun pencuci piring.

Cara membersihkan: rendam terlebih dahulu wajan atau panci yang akan dicuci dalam sebuah wadah setidaknya satu jam. pastikan bahwa air benar-benar panas agar kerak lebih mudah mengelupas dan melonggarkan partikel sisa-sisa makanan pada wajan atau panci. kemudian cuci sampai bersih.

3. Membersihkan Menggunakan Baking Soda

Selain digunakan sebagai bahan membuat kue, baking soda juga bisa dijadikan sebagai pasta untuk membersihkan kerak pada wajan atau panci.

Cara membersihkan: campur baking soda dan air hingga menyerupai pasta. kemudian oleskan dan gosok-gosok pada area yang berkerak. bilas sampai bersih menggunakan air yang mengalir, ulangi beberapa kali jika diperlukan.

4. Membersihkan Menggunakan Cuka

Cuka adalah salah satu bahan yang ada di dapur yang dapat digunakan untuk membersihkan kerak yang membandel.

Cara membersihkan: didihkan air dan campur cuka secukupnya dalam wajan atau panci yang berkerak dalam beberapa menit. angkat wajan atau panci dan tunggu hingga dingin, kemudian gosok menggunakan sikat kawat, cuci dan bilas sampai bersih.

5. Membersihkan Menggunakan Jeruk Nipis

Siapa yang tidak tahu dengan jeruk nipis? selain dijadikan sebagai minuman atau bahan tambahan bumbu masak, jeruk nipis ternyata bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada wajan atau panci lho.

Cara membersihkan: siapkan wadah dengan ukuran yang lebih besar untuk perendaman panci atau wajan. rendam menggunakan air panas, perasan jeruk nipis dan sabun pencuci piring. rendamlah selama satu malam, ke-esokan harinya bersihkan dan gosok bagian yang berkerak. cuci dan bilas sampai bersih.

6. Membersihkan Menggunakan Beras Dan Lemon

Perpaduan antara beras dan lemon juga bisa dijadikan sebagai bahan pembersih kerak.

Cara membersihkan: taruh beras secukupnya pada wajan atau panci yang berkerak, tambahkan perasan lemon. gosok menggunakan sikat sampai berubah berbentuk seperti butiran scrub, gosok hingga kerak terangkat dengan sempurna, cuci dan bilas sampai bersih.

Tips pada saat menggosok wajan atau panci yang berkerak:

Pada saat menggosok kerak, perhatikan juga bahan apa yang digunakan pada wajan atau panci. sehingga dapat mengukur kecepatan saat menggosok. atur dan ukur kekuatan pada saat menggosok untuk menghindari adanya kerusakan (bolong/berlubang) pada wajan atau panci.

Semoga tips yang dibagikan ini dapat membantu kamu untuk membersihkan kerak pada wajan atau panci dengan lebih mudah. sehingga memasak jadi lebih menyenangkan dengan alat dapur yang bersih. happy cooking:).

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Wah ternyata bisa ya dengan menggunakan cuka, jeruk nipis gitu. Setahu saya dengan menggunakan abu dan juga air panas

    BalasHapus

 
Top