0 Comment

Dapurmamake.com - Tips Dan Cara Memilih Beras Yang Baik Juga Berkualitas. Beras merupakan bahan makanan pokok masyarakat Indonesia. Yang sebagaimana kita tahu, Beras adalah salah satu makanan sehari-hari yang biasanya beras dimasak dalam bentuk nasi. Bagaimana tidak, kebiasaan orang Indonesia jika sehari saja belum makan atau bertemu dengan nasi, tetap saja dikata belum makan. Seperti saya sendiri juga, jika belum makan nasi perut masih saja berasa ada yang kurang.
Cara Memilih Beras
Source By Pixabay
Sebagai makanan pokok, pastinya nasi yang dikonsumsi juga harus memiliki kualitas yang baik dari beras yang kita masak. Sangat penting untung mengetahui beras yang baik terlebih dahulu sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), Lalu apa saja syarat beras yang berstandar tersebut? diantaranya; bebas hama penyakit, bebas bau apek dan bahan asing, bebas dari bahan campuran seperti bekatul / dedak, bebas dari bahan kimia yang membahayakan seperti klorin yang sering dipakai sebagai bahan pemutih.

Sebagaimana kita tahu yang terjadi pada masa kini. oleh ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan terjadinya peredaran beras palsu. Untuk itu, kita sebagai pengguna juga harus bijak dan lebih teliti pada saat memilih dan membeli beras.

Kualitas beras tentunya akan mempengaruhi nasi yang akan kita konsumsi bersama keluarga. Untuk itu kita pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga tercinta.

Tips Memilih Atau Membeli Beras Yang Baik, Berkualitas Dan Juga Sehat

Cara memilih beras yang akan kita konsumsi, tentu kita harus tahu dan hal yang sangat penting untuk bagaimana membedakan beras yang mengandung bahan kimia atau zat pemutih dengan beras yang aman dikonsumsi. Cari tahu yuk! Cara memilih beras berikut ini.
  1. Perhatikan Tampilan Beras
  2. Tips memilih atau membeli beras yang pertama yaitu perhatikan penampilan dari beras tersebut. Pastikan berasnya bersih bebas dari batu, kerikil dan juga kutu atau kotoran.
  3. Perhatikan Warna Beras
  4. Tips ke-dua, perhatikan warna dari beras. mengingat saat ini begitu banyak beras yang dicampur dengan bahan pemutih. Warna beras yang berkualitas sebenarnya tidak terlalu putih. Karena bisa jadi, warna beras yang terlalu putih justru mengandung pemutih. Sebaiknya, pilih warna beras yang memiliki warna bening dengan sedikit kekuningan.
  5. Perhatikan Tekstur Beras
  6. Beras yang berkualitas adaalah beras yang memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah patah saat ditekan, atau dengan cara menggigit bulir beras.
  7. Mencium Aroma Dari Beras
  8. Tips yang ketiga adalah dengan cara mencium aroma dari beras. Pastikan beras memiliki aroma khas beras dan tidak terlalu wangi dan bau apek.
  9. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah atau Harga Miring
  10. Cara memilih beras berkualitas yang terakhir adalah jangan tergiur dengan harga murah dari harga pasaran. Adapun acuan harga beras ditentukan berdasarkan dari kualitas beras. Semakin bagus kualitas beras, maka harga juga akan lebih mahal. Istilahnya harga bawa rupa.
Demikian tips dan cara memilih beras sebagai panduan saat akan membeli beras. Intinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih beras agar mendapatkan kualitas yang terbaik untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat dan happy cooking:)

Posting Komentar Blogger Disqus

 
Top