Daun Salam Si Daun Aromatik

Dapurmamake.com - Kali ini akan membahas tentang daun salam, yaitu bagaimana cara memasak dan menyimpan daun salam?

Daun salam adalah daun aromatik yang biasanya digunakan untuk keperluan memasak, tujuannya yaitu untuk menambah aroma sedap pada masakan. Daun salam ini juga termasuk rempah-rempah yang sering digunakan untuk campuran bumbu masakan Indonesia.

Pohon daun salam juga bisa dijadikan sebagai pohon hias dan daunnya bisa untuk keperluan memasak dalam bentuk daun yang masih segar ataupun kering.

Daun Salam
Image by: Pixabay

Cara Menggunakan Daun Salam Untuk Memasak

Daun salam dapat digunakan untuk segala jenis masakan, yang sering digunakan biasanya itu daun salam kering, tetapi soal rasa tidak jauh berbeda dengan daun salam segar, dan juga daun salam yang kering memiliki aroma sedikit lebih tajam atau sedikit lebih kuat.

Untuk daun salam ini, tentunya tidak untuk dimakan secara langsung, melainkan hanya sebagai bahan tambahan penyedap dan aroma masakan agar lebih sedap. Caranya yaitu dengan menambahkan daun salam ke dalam tumisan atau daun salam dimasukkan ke dalam air rebusan seperti jenis masakan berkuah. Kemudian daun salam disisihkan atau dibuang sebelum masakan disajikan. Namun, daun salam juga Terkadang dijadikan dalam bentuk bubuk yaitu dengan cara ditumbuk.

Mendapatkan manfaat dari daun salam untuk masakan yang dipanggang juga dapat digunakan. Seperti akan memanggang ayam. Caranya dengan memasukan daun salam kedalam mulut atau rongga ayam sebelum dipanggang. Selain itu, daun salam juga dapat ditambahkan ke dalam masakan nasi lho seperti akan membuat nasi uduk, nasi tim, nasi kuning atau nasi liwet.

Cara Menyimpan Daun Salam

Untuk cara menyimpan daun salam yang segar, kamu bisa memasukkan ke dalam kantong yang tertutup dan disimpan ke dalam kulkas. Daun salam segar yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan satu atau dua minggu. Cara menyimpan daun salam kering, kamu bisa memasukkan daun salam ke dalam wadah yang tertutup rapat ke dalam Freezer, supaya manfaat daun salam tetap bisa didapat untuk jangka waktu yang lama.

Jika ditempat saya, daun salam ini bisa didapat dipekarangan Rumah. Namun daun salam juga bisa kita dapatkan di pasar tradisional atau swalayan yang di sandingkan bersama bumbu-bumbu masakan jenis lainnya.

Daun salam ini hanya pendukung bahan tambahan Aneka Bumbu Masakan, karena dapat membantu rasa dari bumbu masakan lebih sedap. Happy cooking:).

1 Komentar untuk "Daun Salam Si Daun Aromatik"

  1. Nah, kalau saya biasanya menggunakan daun salam ini untuk pada saat membuat jangan tewel hihi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel