1 Comment

Resep Cumi - Pecinta seafood pasti sudah tahu dengan jenis seafood ini pastinya yaitu, cumi. olahan resep cumi juga sangat beragam dan variatif, seperti resep cumi yang akan dibagikan kali ini.

Untuk membuat olahan resep masakan cumi ini cukup mudah lho, bagi pemula juga bisa kok masak-masakan cumi di rumah se-enak yang ada di Restoran. simak langkah-langkah cara membuat cumi beserta resep dan bumbu-bumbu cumi yang digunakan, agar rasa olahan cumi tidak gagal dan rasanya pasti enak. berikut pilihan resep cumi masakan ala rumahan yang bisa dicoba. repost by: ig@eunice_euston yang jago banget dalam bidang masak-memasak.

Resep Cumi Bakar Saus Pedas Manis

Resep Cumi Bakar Saus Pedas Manis

Bahan-bahan cumi yang diperlukan:
  • 500 gr cumi, bilas bersih. potong-potong sebelah sisi
  • 2 buah jeruk limo/jeruk kunci peras ambil airnya
  • Garam secukupnya
Bahan bumbu olesan cumi saus manis pedas:
(Aduk campur jadi satu)
  • 2 sdm minyak sayur
  • 15 biji rawit merah, ulek dulu
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/4 keping gula merah
  • Garam, gula, penyedap secukupnya
  • Sedikit air matang
Cara membuat cumi bakar saus manis pedas:
  1. Cumi dicampur dengan perasan air jeruk dan garam, aduk rata. diamkan selama 30 menit.
  2. Lalu panggang di atas teflon, panggang dengan api sedang sampai cumi setengah matang.
  3. Lalu oleskan saus manis pedas, lalu panggang cumi bolak-balik sampai matang. masaknya tidak usah lama-lama, biar tetap garing asal udah matang aja.
  4. Angkat dan siap disajikan.

Resep Cumi Bakar Saus Asem Pedas

Resep Cumi Bakar Saus Asem Pedas

Bahan-bahan cumi yang diperlukan:
  • 500 gr cumi, bilas bersih. potong-potong sebelah sisi
  • 2 sdm air jeruk lemon/jeruk kunci
  • Garam secukupnya
Bahan bumbu saus asem pedas:
(Aduk campur jadi satu)
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 sdt terasi panggang
  • 12 biji rawit merah, ulek dulu
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm air asem campur dengan 50 ml air, diamkan sebentar, remas-remas buang ampasnya
  • Garam, gula, penyedap secukupnya
Cara membuat cumi bakar saus asem pedas:
  1. Cumi dicampur dengan perasan air jeruk dan garam, aduk rata. diamkan selama 30 menit, lalu bilas dan tiriskan. kemudian marinasi dengan saus asem pedas selama 30 menit.
  2. Panaskan teflon, oles sedikit minyak, panggang sampai cumi setengah matang.
  3. Lalu oleskan sisa saus asem pedas, panggang cumi bolak-balik sampai matang. panggangnya tidak usah lama-lama biar tetap garing, asal udah matang aja.
  4. Angkat dan sajikan.

Resep Cumi Asem Pedas

Resep Cumi Asem Pedas

Bahan:
  • 500 gr cumi, cuci bersih balurin air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit terus bilas.
  • Rawit merah secukupnya
  • Rawit ijo secukupnya
Bumbu halus cumi asem pedas:
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas lengkuas
  • 1/2 ruas kunyit
  • 2 batang serai
  • 12 biji cabe merah keriting
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sdm terasi
Bahan tambahan:
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm asem, larutkan dengan air buang ampasnya
  • Garam, gula, penyedap jamur secukupnya
  • Air secukupnya
Cara memasak cumi asem pedas:
  1. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, daun jeruk dan terasi sampai wangi.
  2. Tumis sebentar lalu masukkan air asem, garam, gula, penyedap jamur dan air secukupnya.
  3. Tunggu mendidih, lalu masukkan cumi. test rasa (asem, manis, pedas).
  4. Masukkan cabe rawit merah dan ijo, lalu masak cumi sampai matang.
  5. Angkat dan sajikan.

Resep Cumi Saus Kecap Pedas

Resep Cumi Saus Kecap Pedas

Bahan:
  • 2 cumi ukuran besar cuci bersih, potong-potong sebelah sisi
  • 2 buah jeruk lemon/jeruk kunci peras ambil airnya
Bahan Saus Cumi:
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 12 biji cabe rawit merah, ulek halus
  • Sedikit air matang
  • Garam, gula secukupnya
Cara memasak cumi saus kecap pedas:
  1. Cumi dicampur dengan perasan air jeruk, aduk rata. diamkan selama 30 menit.
  2. Masak semua bahan olesan saus sampai agak mengental (gunakan api kecil biar tidak gampang gosong).
  3. Masukkan cumi, masak cumi sampai matang. test rasa, angkat dan sajikan.

Resep Cumi Sambal Karamel

Resep Cumi Sambal Karamel

Bahan 1:
  • 5 ekor cumi ukuran sedang, bersihkan
  • 1 sdm air jeruk kunci/jeruk lemon
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
Bahan 2 (sambal karamel):
  • 1 sdm butter
  • 15 biji cabe rawit merah
  • 1/2 keping gula merah
  • 2 sdm air jeruk kunci/lemon
  • 50 ml air matang
  • 3 sdm kecap manis
  • Garam, gula, penyedap secukupnya
Cara memasak cumi sambal karamel:
  1. Bahan 1 campur jadi satu, aduk rata. diamkan 3 jam dalam wadah tertutup di kulkas.
  2. Panaskan wajan anti lengket, aduk rata masak cumi sampai matang, lalu angkat taruh di piring.
  3. Untuk masak sambal karamel: Masukkan semua bahan 2 ke dalam panci, masak di api kecil, sambil sesekali diaduk. masak sampai mendidih dan agak mengental. test rasa (asem, manis, pedas).
  4. Lalu masukkan cumi yang sudah matang ke dalam sambal karamel, aduk rata sampai cumi terbalut rata.
  5. Angkat dan sajikan.

Resep Cumi Sambal Pedas

Resep Cumi Sambal Pedas

Bahan:
  • 500 gr cumi, bersihkan
  • 2 buah jeruk kunci, peres ambil airnya
  • Minyak untuk menumis
Bahan untuk membuat sambal pedas (ulek):
  • 20 biji cabe rawit merah
  • 8 biji cabe keriting merah
  • 6 biji bawang merah
  • 1/2 sdt terasi panggang
  • 3 buah jeruk kunci, peres ambil airnya
Bumbu secukupnya:
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap jamur
Cara memasak cumi sambal pedas:
  1. Bersihkan cumi, potong sebelah jangan sampai putus. balurin dengan air jeruk kunci dan garam secukupnya. diamkan 1 jam di kulkas.
  2. Panaskan minyak secukupnya, tumis cumi sampai matang. angkat sajikan di piring.
  3. Kemudian panaskan minyak lalu tumis sebentar sambal. tambahkan garam, gula dan penyedap jamur secukupnya, test rasa. angkat tuang di atas cumi.
  4. Sajikan.

Resep Cumi Sambal Pete

Resep Cumi Sambal Pete

Bahan:
  • 500 gr cumi bersihkan, potong sebelah sisi jangan sampai putus
  • 5 papan pete, kupas kulitnya
  • 1 sdm asem, campur dengan 100 ml air, diamkan sebentar lalu remas-remas dan buang ampasnya.
Bumbu ulek halus:
  • 10 butir bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt terasi
  • 12 biji cabe merah keriting
  • 8 biji cabe rawit merah
Bumbu secukupnya:
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap jamur
Cara memasak cumi sambal pete:
  1. Tumis sampai wangi bumbu yang diulek halus.
  2. Masukkan garam, gula, penyedap jamur dan air asem. didihkan lalu test rasa (asem, manis, pedas).
  3. Lalu masukkan cumi dan pete, tumis sampai cumi mekar dan matang.
  4. Angkat sajikan.

Resep Cumi Goreng Asem

Resep Cumi Goreng Asem

Bahan:
  • 500 gr cumi ukuran sedang, bersihkan potong-potong sebelah sisi
  • 1 sdm asem rendam dengan air 50 ml, diamkan 30 menit. lalu remas-remas buang ampasnya.
  • 3 sdm kecap manis
  • Garam, gula secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng
Cara memasak cumi goreng asem:
  1. Campur semua bahan jadi satu (kecuali minyak goreng) aduk rata. diamkan 3 jam dalam wadah tertutup di kulkas.
  2. Panaskan wajan anti lengket, aduk rata masak cumi sampai matang test rasa (asem manis).
  3. Tambahkan minyak, aduk rata. lalu angkat dan sajikan.
Demikian aneka resep olahan cumi yang bisa kamu coba di rumah, semoga berhasil dan enak yah dalam membuatnya, happy cooking:).

Posting Komentar Blogger Disqus

  1. Cumiii. Enak banget nih Mbak. Aduh nggak tahan lagi nih saya pingin makan tuh cumi wkwk

    BalasHapus

 
Top