Tips Dan Cara Memasak Cumi (Squid Cooking Tips)

Dapurmamake.com - Cumi-cumi adalah jenis seafood (Makanan Laut) yang termasuk memiliki keunikan tersendiri dari segi penampilan. Sehingga tak heran, Jika penampilan yang unik dari cumi juga dijadikan sebuah peran dalam beberapa Film. Dibalik penampilannya, cumi tentu memberi sentuhan makanan laut yang sangat enak untuk dinikmati bukan?

Ada begitu banyak cara memasak cumi untuk dijadikan sajian cumi. Entah itu cumi goreng, cumi panggang/dibakar, cumi saus, cumi isi, tumis cumi atau bahkan dibuat cumi sup. Dibalik keistimewaan dan cita rasa cumi yang gurih serta memiliki tekstur daging yang kenyal, Ternyata mengolah cumi juga harus dengan cara yang benar lho, Agar cumi tidak berubah menjadi alot dan keras.

Cara memasak cumi agar tidak alot inilah yang terkadang membuat kamu bingung bukan? Apalagi bagi para pemula, Memasak cumi adalah sesuatu hal yang cukup sulit. Berikut ada langkah-langkah cara memasak cumi agar tidak alot serta cara membuat cumi agar empuk dan lembut supaya terasa lebih enak saat disajikan.

Tips Dan Cara Memasak Cumi

Tips Dan Cara Memasak Cumi Agar Tidak Bau Amis, Supaya Empuk Dan Tidak Alot
Image By: Pixabay

1. Cara memilih cumi

Langkah pertama memasak cumi agar tidak alot adalah memilih cumi yang akan diolah. Berikut ciri-ciri cumi yang harus kamu pilih:
  • Warna cumi putih kelabu dengan bintik-bintik kemerahan.
  • Bentuk cumi mengkilat dengan mata cumi yang cukup jernih serta kepala dan tubuh cumi masih menyatu atau tidak terpisah.
  • Tekstur cumi pada saat ditekan, daging cumi terasa kenyal dan masih mengeluarkan banyak tinta atau cairan hitam.
  • Aroma cumi pada saat dicium, cumi memiliki aroma segar yang khas.
Hindari memilih cumi yang warna kulit airnya sudah berubah ungu tua dan bagian tentakel cumi sudah berwarna kekuningan serta robek. Artinya, cumi tersebut sudah (akan) busuk. Jika membeli cumi-cumi beku, pilih cumi dengan warna yang tidak berubah dan tidak memiliki butiran es yang terlalu banyak.

2. Cara membersihkan/mencuci cumi

Setelah memilih cumi, kemudian cumi dibersihkan. berikut cara membersihkan cumi yang benar:
  • Cabut kantung tinta yang menempel ditubuh bagian dalam cumi. Bersihkan dengan hati-hati agar tinta tidak berceceran atau melebur ke daging cumi.
  • Buang tulang rawan dalam cumi.
  • Kupas kulit ari yang berwarna merah atau ungu, menggunakan pisau.
  • Cuci sampai bersih cumi menggunakan air mengalir.
3. Cara menghilangkan bau amis pada cumi

Untuk cara menghilangkan bau amis pada cumi bisa menggunakan jahe, air jeruk nipis atau asam jawa. Caranya lumuri dengan salah satu bahan tersebut, diamkan sebentar dan jangan terlalu lama. Kemudian cuci cumi menggunakan air mengalir.

4. Sesuaikan bentuk cumi berdasarkan masakan

Langkah ke-tiga, sesuaikan masakan cumi apa yang akan dimasak.
  • Cumi bentuk cincin, iris bagian tubuh luar cumi menyerupai ring atau cincin. resep cumi yang cocok dengan bentuk ini salah satunya Resep Cumi Goreng.
  • Cumi utuh dikerat, iris bagian sisi cumi (jangan sampai putus) atau dikerat agar bagian dalam cumi matang dan bumbu meresap sempurna. resep cumi yang cocok dengan bentuk ini seperti 8 Pilihan Resep Cumi yang bisa kamu coba.
  • Cumi utuh, artinya cumi bentuk ini digunakan untuk memasak cumi isian. Dengan cara memasukan bahan tambahan isian sesuai selera, seperti telur ataupun daging. Dengan melilitkan atau ditusuk bagian ujung cumi agar isi tidak keluar.
  • Cumi bentuk kerat kotak-kotak, iris kulit cumi menjadi lembaran kotak. Setelah itu kerat dari arah vertikal dan horizontal atau sebaliknya (jangan sampai robek). Biasanya bentuk cumi ini digunakan untuk tambahan salad.

Tips Dan Cara Memasak Cumi Berdasarkan Jenis Pengolahan

  1. Tumis Cumi, tumis terlebih dahulu bumbu sampai matang, baru kemudian masukkan potongan cumi. Tumis sebentar dan bumbu tercampur rata menggunakan api besar. Angkat dan sajikan.
  2. Cumi Bakar, keratkan sisi badan cumi agar bumbunya lebih meresap. Kemudian bakar cumi di atas panggangan dan olesi cumi dengan bumbu, bakar hingga matang.
  3. Cumi Goreng, Gunakan minyak goreng yang banyak sampai cumi terendam. Masukkan cumi ketika minyak sudah benar-benar panas. Masukkan cumi satu persatu agar cumi tidak saling menempel. Goreng hingga kering serta bagian luar berwarna kuning keemasan.
  4. Sup Cumi, Pisahkan cumi dari bahan lain sebelum dimasak. Tumis bumbu sup cumi terlebih dahulu kemudian tambahkan air dan bahan lainnya. Masak hingga bahan matang, sebelum diangkat masukkan cumi ke dalam sup, tunggu hingga sup mendidih kembali. Baru kemudian angkat.

Tips Dan Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot

Rahasia cumi agar tidak alot dan keras saat dimakan, cobalah dengan cara ini:
  1. Masak cumi dengan waktu yang singkat. Idealnya lama waktu memasak cumi 3 menit, jika terlanjur masak lebih lama, siasati dengan memasaknya terus kira-kira 30 menit agar daging cumi empuk kembali.
  2. Secepat mungkin masukkan daging cumi dalam air dingin setelah merebus. Agar daging cumi empuk dan tidak alot.
Cara memasak cumi berbeda-beda tergantung dari metode masaknya. Kunci utama memasak cumi agar tidak alot dan keras adalah perhatikan waktu memasak cumi. Tekstur dan lembutnya cumi pun bisa diperoleh dengan cara yang benar dan tepat. Semoga cara tersebut bisa membantu ya, selamat mencoba dan happy cooking.

Belum ada Komentar untuk "Tips Dan Cara Memasak Cumi (Squid Cooking Tips)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel