Inilah Jenis Jenis Beras Ketan Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Beras Ketan – Secara umum ada dua jenis beras ketan yang dikenal dari warna serta teksturnya, yaitu beras ketan putih dan beras ketan hitam.

Beras Ketan Putih

 

Beras Ketan Putih

Beras ketan tentu berbeda dengan jenis beras yang sering dikonsumsi setiap hari. Beras ketan putih memiliki warna menyerupai putih susu atau tidak transparan, tekstur bentuk nasi yang dihasilkan dari beras ketan putih cenderung lebih lengket dan legit dibandingkan jenis beras biasa.

Beras ketan putih mengandung komposisi pati yang banyak, memiliki kadar amilosa yang sangat rendah dan kadar amilopektin pada beras ketan pun sangat tinggi sehingga tekstur nasi beras ketan menjadi sangat lengket.

Biasannya, beras ketan putih dijadikan sebagai bahan aneka jajanan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Diantarannya; Lemper, rengginang, wajik, klepon, jadah, ketupat, lepet, kerak telor dan masih banyak jenis makanan kudapan dengan berbahan dasar ketan.

Beras ketan putih biasannya dijual berbentuk bijian (butiran beras utuh) atau yang sudah dalam bentuk tepung yang dipasarkan secara luas dikalangan masyarakat.

Beras Ketan Hitam

 

Beras Ketan Hitam

Jenis beras ketan hitam, merupakan versi lain dari beras ketan. Warna ketan hitam cenderung ungu kehitaman dan lebih gelap dibandingkan beras merah dikarenakan memiliki kandungan amilopektin yang lebih tinggi dan juga senyawa antosianin. Rasa dari ketan hitam juga lebih manis, lebih gurih dan lebih legit dibanding ketan putih.

Makanan yang biasa diolah berbahan dasar beras ketan hitam seperti bubur atau aneka makanan seperti tapai ketan, babay maring, lopis dan berbagai macam jenis olahan variasi lainnya.

Demikian informasi seputar jenis beras ketan yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat dan happy cooking:).

READ  61

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *