Resep Kolak atau kolek Cocok Untuk Takjil Puasa

Resep Kolak Takjil Sederhana – Kolak memang sangat bervariasi. Menu takjil yang satu ini merupakan salah satu menu takjil favorit oleh masyarakat Indonesia. Disetiap acara spesial atau acara tertentu kolak takjil ini menjadi salah satu yang diminati. Apalagi di bulan Ramadhan tiba, kolak takjil ini merupakan sajian takjil untuk berbuka puasa. Sehingga banyak pedagang yang memanfaatkan momen bulan puasa untuk berjualan aneka takjil, salah satunya yaitu kolak.

Bagi penggemar takjil, kolak juga dinikmati pada hari-hari biasa dan dengan bahan yang bermacam-macam supaya lebih lengkap, lebih mantap dan tidak membosankan. Seperti resep kolak singkong campur pisang dan resep kolak biji salak. Sajian dengan cita rasa yang khas yaitu rasa manis, dengan kuah yang mantap ditambah dengan beraneka macam bahan isian kolak, menjadikan takjil kolak punya rasa yang sangat nikmat sekali. Apalagi disajikan bersama keluarga tercinta, pasti semakin mantap pokoknya. Yuk, simak resepnya di bawah ini dan bisa langsung kamu praktekin sendiri di rumah.

Resep Kolak atau kolek

Kolak
Kolak

by: @dewie_kitchen
Bahan-bahan untuk membuat kolak:

  • 150 gr ubi kuning
  • 150 gr ubi putih
  • 75 gr tepung sagu
  • 250 gr gula merah
  • 150 gr labu kuning
  • 150 gr sagu mutiara
  • 500 ml santan
  • 250 ml air putih
  • Secubit garam
  • 3 lembar daun pandan

Cara membuat kolak:

  1. Kupas ubi kuning, ubi putih dan cuci bersih.
  2. Kukus ubi hingga lembek, lumatkan.
  3. Campur masing-masing ubi kukus dengan 75 gr tepung sagu, lalu bulatkan menjadi Biji salak dan rebus hingga matang. angkat dan tiriskan.
  4. Cara memasak sagu mutiara, caranya rendam terlebih dahulu sagu mutiara selama 30 menit, cuci bersih dan rebus selama kurang lebih 45 menit, matikan kompor kemudian tutup panci biarkan hingga semua sagu mutiara kelihatan bening, saring airnya siap untuk dipakai.
  5. Panaskan air, masukan daun pandan, gula merah, labu kuning, santan aduk terus menerus agar santan tidak pecah.
  6. Jika labu kuning sudah agak lembek, masukkan Biji salak dan sagu mutiara, aduk-aduk hingga rata angkat dan sajikan.
READ  Resep Dessert Singkong Thailand

Demikian Resep Kolak Takjil Sederhana yang bisa kamu coba buat sendiri di Rumah, selamat mencoba, kamu juga bisa menambahkan bahan pisang, ubi jalar, kolang-kaling atau bahan-bahan yang lain agar lebih lengkap, happy cooking:).

8 comments

  1. wah pas banget nih udah mau puasa, paling enak buka puasa pakai kolak pisang..
    izin save ya kak resepnya, mau dipraktekin pas ramadhan nati.. hehe

  2. Bikin ngiler aja ni postingan, kslau lagi puasa bikin ujian makin berat aja ya,..ha-ha 😂

  3. Kalau kolak ini yang saya sukai biji salaknya. kenyal-kenyal gimana gitu.

  4. Widiiw… Kalau sudah puasa wah… Bahaya baca siang-siang, auto ngiler Kak.
    Nah nih aku baca pagi-pagi. Haha…

    Siap deh.
    Aku save menunya.

    Terima kasih berbagi resepnya Kak…

  5. dimasak sekarang aja mbak, mumpung belum puasa, bair puas2kan dulu makanya, wkwkwwk

  6. Noted, bakal dicobain pas puasa nanti 😀 Makasih Maaaak :*

  7. waaahhh bentar lagi puasaaa.
    Waktunya save menu-menu buka puasa kayak gini.

    Paling suka juga masak kolak, lebih mudah soalnya ketimbang lainnya.
    Dan seger banget buat buka puasa 🙂

  8. Bentar lagi gambar kolak ini akan terasa horor di siang hari hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *