Resep Masakan Gulai Ayam yang Nikmat dan Lezzat

Resep Gulai Ayam – Menu masakan sehari-hari di rumah salah satunya yaitu gulai ayam. Menu makanan yang satu ini dengan bahan dasar ayam yang berkuah dan menggunakan santan. Gulai ayam merupakan hidangan tradisional ayam Indonesia yang berasal dari Sumatera barat dan memiliki macam-macam resep yang cukup populer.

Resep Gulai Ayam

Kepopuleran sajian Resep Gulai Ayam sangat diminati bagi para pecinta kuliner nusantara, sehingga banyak sekali aneka resep yang diracik menggunakan bahan dan bumbu serta bahan pelengkap yang terdapat didalamnya. Diantaranya seperti resep gulai ayam padang, gulai ayam jawa, gulai ayam sederhana, gulai ayam spesial hingga gulai ayam tanpa santan.

Bagi kamu yang masih penasaran dengan bagaimana cara membuat gulai ayam, berikut ini resep gulai ayam lengkap dengan bahan dan bumbu gulai ayam. Resep yang akan dibagikan kali ini termasuk yang paling enak menurut saya dan wajib untuk dicoba.

Resep Gulai Ayam Padang

Gulai Ayam Padang
Gulai Ayam Padang

Masakan yang berkuah dengan santan yang sedikit lebih kental ditambah dengan cita rasa yang pedas merupakan ciri khas dari masakan padang, salah satunya gulai ayam khas padang yang satu ini.

Yuk coba memasak gulai ayam padang dengan resep berikut ini, anda juga bisa menakar rasa pedasnya sesuai dengan porsi selera kamu.

By: ig@iis_almoktafi
Bahan-bahan:

  • 1 kg ayam, potong sesuai selera
  • 750 ml santan sedang dari 1 butir kelapa
  • 1 sdm asam
  • 2 sdm gula merah
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk (me. organik)

Bumbu halus:
*sangrai sebelum dihaluskan kecuali cabe

  • 12 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih kating
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  • 1/2 sdt jinten
  • 1 ruas jahe
  • 7 buah cabe merah besar buang bijinya (jika anda suka pedas tambahkan cabe rawit extra)
READ  Resep Daging Sapi Spesial

Bumbu pelengkap:

  • 4 cm kayu manis
  • 4 butir cengkeh
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 batang serai, geprek
  • 2 ruas lengkuas, geprek
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Cara membuat gulai ayam khas padang:

  1. Tumis semua bumbu halus dan bumbu pelengkap sampai harum.
  2. Masukan santan aduk rata dan masak sampai santan mendidih.
  3. Kemudian masukan ayam, gula dan asam masak sampai benar-benar daging matang, tambahkan garam dan kaldu bubuk, tes rasa.
  4. Angkat dan siap disajikan.

Resep Gulai Ayam Kampung

Gulai Ayam Kampung
Gulai Ayam Kampung

Selain gulai ayam padang, ada varian lain dari masakan gulai ayam, yaitu gulai ayam kampung. Masakan berkuah ini hampir sama dengan gulai ayam padang, tetapi bumbu yang digunakan tentu berbeda dengan cita rasa yang berbeda pula.

Berikut gulai ayam kampung yang bisa kamu coba.

By: ig@susie.agung
Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam kampung, potong-potong sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun kunyit
  • 700 ml santan encer
  • 200 ml santan kental
  • garam dan gula secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu halus:

  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 4 cm lengkuas muda
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 3 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt merica butiran
  • 2 cabe merah besar
  • 10 cabe merah keriting

Cara membuat ayam gulai kampung:

  1. Lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci sampai bersih dan tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan serai, aduk sampai bumbu matang.
  3. Masukkan ayam aduk rata, masak sampai berubah warna, bumbui garam dan gula.
  4. Tuangi santan encer, masak dengan api sedang sampai daging ayam empuk, boleh tambah air bila ayam belum empuk.
  5. Setelah kuah menyusut dan daging ayam empuk, masukkan santan kental, masak sambil terus diaduk sampai santan mendidih dan bumbu meresap.
  6. Koreksi rasa, bila sudah pas matikan api.
  7. Angkat dan sajikan.
READ  Resep Masakan Tumis Pepaya Muda

Resep Gulai Ayam Spesial

Gulai Ayam Spesial
Gulai Ayam Spesial

Gulai ayam spesial ini terletak di bahan dan takaran bumbu yang tepat sehingga rasa dari nikmatnya gulai ini menjadi begitu lebih spesial. Tidak kalah rasanya dengan aneka gulai ayam yang lainnya.

Bagi yang penasaran dengan rasanya, yuk simak cara membuatnya dibawah ini.

By: ig@medaarsad
Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam
  • 2 sdm air asam jawa
  • minyak goreng secukupnya
  • garam, gula, lada secukupnya
  • 300 ml santan kental
  • 400 ml santan encer

Bahan pelengkap:

  • 3 ruas jahe, geprek
  • 3 ruas lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun kunyit
  • 1/2 buah bawang bombay, iris
  • 5 butir kapulaga
  • 2 batang serai, geprek
  • 1/2 butir pala

Bumbu halus:

  • 12 buah bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 10 cabe merah keriting
  • 5 cabe rawit  merah
  • 1 buah tomat

Cara membuat gulai ayam spesial:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan bahan pelengkap hingga harum dan matang.
  2. Masukkan ayam, garam, gula aduk rata hingga berubah warna.
  3. Tambahkan santan encer, kecilkan api biarkan mendidih.
  4. Tambahkan santan kental, masak hingga matang berikan air asam jawa, koreksi rasa.
  5. Setelah matang matikan api dan siap disajikan.

Demikian Resep Gulai Ayam yangtermasuk Kari-nya Indonesia, selamat mencoba dengan pilihan berbagai macam jenis resep gulai ayam diatas yang pasti enak dan sedap banget, happy cooking:).

19 comments

  1. Manteb nih, bikin ngiler hehehe… Bisa dicoba di rumah ntar~

  2. selamat mencoba, jangan lupa juga pakai nasi hangat biar porsinya nambah hehehe

  3. widih, enaknya sampe kebangeten, itu berarti enak di atasnya enak yaa 😀

  4. cheer Dicoba ya gan karena diatasnya enak masih ada nikmat =p~

  5. Bisa disave nih resepnya buat menu ramadhan yang sebentar lagi tiba. 😍😍

  6. :)Silahkan mba sapti, jangan lupa share juga resepnya kekerabat yah, (o)semoga bisa menjadi salah satu referensi resep masakan untuk buka dan sahur bersama keluarga di rumah ya,,, salam buat keluarga x-)

  7. enaknyaa makanannya kang,, saya pecinta gulai.. tapi gasukabanyak2 takut kolesterol kang hehehe

  8. (h)Sesuai dengan porsi juga ya mba Ratu =p~ jangan kelewatan, nanti puter baliknya jauh :d

  9. Saya lebih suka resep gulai ayam kampung saja. Dan saya pernah dibuatkan ibu saya gulai ayam kampung ini. Rasanya nikmat sekali.

  10. Iya memang nikmat sekali gulai ayam kampung mas (o) ,itu juga salah satu favorit saya, =p~ apalagi buatan ibu x-) memang tidak ada duanya mas hehehehe (f)

  11. Boleh juga nih gulai ayamnya dicoba bikin di rumah, soalnya emang saya lebih suka masak sendiri daripada makan di luar. Biar hemat #ibuteladan

  12. :)Selamat mencoba resepnya moms Dewi, (o) semoga keluarga di rumah suka yah =p~#ibu teladan (h)

  13. gulai ayam apapun jenisnya, saya suka asal jangan pedas aja pokoknya,, wkwkw…….

  14. :pSesuaikan dengan pedasnya yah mas :>)

  15. wah jadi inget masakan mertua nih kak, sering banget lauknya gulai ayam, jadi pengen pulang kampung nih gan kangen keluarga ehehehe 😀

  16. Waahhh =p~udah jadi masakan favorit keluarga ya mas Zanif (h) #Menantu yang baik (h) x-)

  17. Mendekati puasa, gulai ayam semakin ramai.

  18. Mamak, resep gulai ayam kampung itu terlihat sangat kental ya bumbu/kuah-nya. Terima kasih. Pas banget ini nemu pos resep-resep begini hahaha jadi buat bekal Ramadhan dan Idul Fitri, Insha Allah 😀

  19. meskipun ini buka artikel terbaru gatau kenapa saya malah penasaran sama artikel masakan yang ini. liat fotonya kaya sedap banget hehehe

    kemiri itu yang kaya gimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *